Selamat datang di My Home

Kandungan dan Unsur-unsur batu Permata Safir

Sunday, December 28, 20140 comments

Kandungan dan Unsur-unsur batu Permata Safir
Batu Safir / Sapphire (dalam bahasa Yunani: σάπφειρος; sappheiros, "batu biru"adalah batu permata dari mineral korundum, aluminium oksida (α-Al2O3), bila warna lain selain merah atau pink tua, dalam hal ini permata bukannya akan disebut ruby, melainkan dianggap sebagai batu permata yang berbeda yaitu tetap saja batu safir tetapi dengan warna yang berbeda, hal ini dikarenakan kandungan pada safir biru tersebut yang sama dengan safir warna yang berbeda. Jumlah elemen lain seperti besi, titanium, atau kromium dapat memberikan korundum biru, kuning, merah muda, ungu, oranye, atau warna kehijauan. Pink-oranye safir juga disebut padparadscha. kromium Murni adalah pengotor yang berbeda dari batu rubi. Namun, kombinasi dari misalnya krom dan titanium dapat memberikan safir dari warna yang berbeda dari merah.

Batu Safir umumnya dipakai sebagai perhiasan. Safir dapat ditemukan secara alami, dengan mencari melalui sedimen tertentu atau formasi batuan, atau mereka dapat diproduksi untuk keperluan industri atau hiasan di boule kristal besar. Karena kekerasan yang luar biasa dari batu safir (dan aluminium oksida secara umum), safir digunakan dalam beberapa aplikasi non-hias, termasuk komponen optik inframerah, seperti dalam instrumen ilmiah; tinggi daya tahan windows (juga digunakan pada instrumen ilmiah); arloji kristal; dan wafer elektronik sangat tipis, yang digunakan sebagai substrat isolasi elektronik solid-state sangat istimewa-tujuan (sebagian besar merupakan sirkuit terpadu).

Batu safir adalah salah satu dari dua atau tiga varietas permata-dari korundum, dengan satu lagi menjadi merah muda ruby merah atau mendalam. Meskipun biru adalah warna yang paling terkenal, safir terbuat dari korundum warna kecuali merah (merah yang disebut rubi) Sapphires mungkin juga tidak berwarna,. Dan mereka juga ditemukan dalam nuansa abu-abu dan hitam .

Negara Penghasil batu Safir / Sapphire

Harga safir alam bervariasi tergantung pada warna mereka, kejelasan, ukuran, memotong, dan kualitas secara keseluruhan - serta asal geografis mereka, anehnya. Kandungan safir signifikan ditemukan di Timur Australia, Thailand, Sri Lanka, Madagaskar, Afrika Timur, dan di Amerika Utara di beberapa lokasi, seperti di "Gem Mountain", dan di dalam atau di dekat Sungai Missouri di wilayah sekitar Helena, Montana. Sapphire dan rubi sering ditemukan bersama di daerah yang sama, tetapi satu permata biasanya lebih berlimpah.

Jenis warna batu Safir / Sapphire Gemstone
Warna dalam batu permata terbagi menjadi tiga komponen: hue, saturasi, dan nada. Hue ini paling sering dipahami sebagai "warna" dari batu permata. Saturasi mengacu pada kejelasan atau kecerahan atau "colorfulness" dari warna, dan nada adalah terang untuk gelap warna tersebut. Batu safir Biru ada di berbagai campuran warna yang primer (biru) dan sekunder, tingkat berbagai tonal (warna ) dan pada berbagai tingkat kejenuhan (kecerahan).

Blue safir dievaluasi berdasarkan kemurnian warna utama mereka. Ungu, violet, dan hijau adalah warna sekunder yang paling umum ditemukan di safir biru Violet dan ungu dapat berkontribusi secara keseluruhan keindahan warna,. Sementara hijau dianggap jelas negatif. Biru safir dengan sampai 15% violet atau ungu umumnya dikatakan kualitas baik. Biru safir dengan jumlah hijau sebagai warna sekunder tidak dianggap kualitas baik. Gray adalah pengubah jenuh normal atau masker yang ditemukan di batu safir biru. Gray mengurangi kejenuhan atau kecerahan dari hue dan oleh karena itu memiliki efek jelas negatif.

Warna biru safir halus dapat digambarkan sebagai violet gelap hidup menengah ke biru keunguan mana rona biru primer adalah minimal 85% dan warna sekunder tidak lebih dari 15% tanpa campuran sedikit rona sekunder hijau atau masker abu-abu.

The 423-karat (85 g) Logan safir di Museum Nasional Sejarah Alam, di Washington, DC, adalah salah satu aspek terbesar safir biru permata-kualitas yang ada.
Fancy warna safir
Safir hijau kuning dan juga sering ditemukan. Pink safir memperdalam dalam warna sebagai kuantitas meningkat kromium. Semakin dalam warna pink nilai mereka lebih tinggi moneter yang selama ini tren warna ke arah merah batu rubi.

Safir juga terjadi dalam nuansa oranye dan cokelat, dan safir berwarna kadang-kadang digunakan sebagai pengganti berlian perhiasan. Safir Padparadscha sering menarik harga lebih tinggi daripada banyak bahkan batu safir biru terbaik. Baru-baru ini, lebih banyak safir warna ini telah muncul di pasar sebagai hasil dari metode pengobatan baru buatan yang disebut "difusi kisi".

Safir perubahan warna
Berbagai safir langka, yang dikenal sebagai safir berubah warna, memperlihatkan warna yang berbeda dalam cahaya yang berbeda. safir Perubahan warna biru dalam cahaya luar dan ungu di bawah lampu pijar dalam ruangan, mereka juga dapat pink di siang hari untuk kehijauan di bawah lampu neon. Beberapa batu pergeseran warna baik dan lain-lain hanya sebagian, dalam beberapa batu pergi dari biru ke ungu kebiruan. Sementara perubahan warna safir berasal dari berbagai lokasi, gem kerikil Tanzania adalah sumber utama.

Beberapa sintetis warna-perubahan safir dijual sebagai "laboratorium" atau "sintetik" Alexandrite, yang akurat disebut berpura-pura Alexandrite (juga disebut Alexandrium) karena yang terakhir sebenarnya adalah jenis Chrysoberyl zat-yang sama sekali berbeda yang pleochroism berbeda dan banyak lebih jelas dari korundum warna-perubahan (safir).

Treatments (pengolahan) pada batu Safir / Sapphire
Batu Safir dapat diolah dengan beberapa metode untuk meningkatkan dan memperbaiki kejelasan dan warna. Ini adalah praktek umum untuk memanaskan safir alam untuk memperbaiki atau meningkatkan warna. Hal ini dilakukan dengan memanaskan safir di udara pada suhu antara 500 dan 1800 ° C selama beberapa jam, atau dengan pemanasan dalam suasana nitrogen-kekurangan oven selama tujuh hari atau lebih. Setelah pemanasan, batu itu menjadi lebih berwarna biru tapi kehilangan beberapa inklusi rutile (sutra). Ketika suhu panas tinggi yang digunakan, batu kehilangan semua sutra dan menjadi jelas di bawah perbesaran Bukti safir dan batu permata lainnya yang. Sasaran pemanasan kembali ke, setidaknya, zaman Romawi. Batu Un-dipanaskan cukup langka dan seringkali akan dijual disertai dengan sertifikat dari Gemological laboratorium independen yang menyatakan "tidak ada bukti perlakuan pemanasan".

Perawatan agak lebih kontroversial seperti yang biasa digunakan untuk menambah unsur pada batu safir untuk tujuan memperbaiki warna. Biasanya berilium yang menyebar ke safir dengan sangat panas tinggi, tepat di bawah titik leleh dari batu safir. Awalnya (c. 2000) safir oranye diciptakan dengan proses ini, walaupun sekarang proses telah maju dan banyak warna dari safir sering diperlakukan dengan berilium. Hal ini tidak etis untuk menjual batu safir berilium-diobati tanpa pengungkapan, dan harga harus jauh lebih rendah daripada permata alami atau yang telah ditingkatkan dengan panas saja.

Pengolahan batu dengan difusi permukaan umumnya disukai karena ketika batu chip atau repolished / refaceted lapisan mewarnai 'padparadscha' dapat dihapus. (Ada beberapa difusi diperlakukan batu di mana warna jauh lebih dalam dari permukaan, namun.) Masalahnya terletak pada kenyataan bahwa padparadschas dirawat di saat-saat yang sangat sulit untuk mendeteksi, dan mereka adalah alasan yang mendapatkan sertifikat dari reputasi Gemological lab (misalnya, Gubelin, SSEF, AGTA, dll) disarankan sebelum berinvestasi di dalamnya.

Menurut Komisi Federal pedoman Perdagangan, di Amerika Serikat, pengungkapan yang diperlukan dari setiap mode peningkatan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai permata itu.

Tambang Batu Safir / Sapphire
 
Batu Safir ditambang dari endapan aluvial atau dari pekerjaan bawah tanah primer. Lokasi pertambangan termasuk Myanmar, Madagaskar, Sri Lanka, Australia, Thailand, India, Pakistan, Afghanistan, Tanzania, Kenya, dan China. Batu safir Logan, Bintang India, dan Bintang Bombay berasal dari tambang Sri Lanka. Madagaskar adalah pemimpin dunia dalam produksi safir (per 2007) khusus deposito di dan sekitar kota Ilakaka Sebelum pembukaan tambang Ilakaka,. Australia merupakan produsen terbesar safir (seperti tahun 1987). [ Pada tahun 1991, sumber baru safir ditemukan pada Andranondambo, Madagaskar selatan. Daerah tersebut telah dimanfaatkan untuk safir dimulai pada tahun 1993, tapi itu praktis hanya ditinggalkan beberapa tahun kemudian -. karena kesulitan dalam memulihkan safir di batuan dasar mereka

Di Amerika Utara, safir telah ditambang sebagian besar dari endapan di sekitar Helena, Montana. Sebuah permata safir dan rubi beberapa kelas juga telah ditemukan di wilayah Franklin, NC

Deposito safir The Kashmir masih terkenal di industri permata, [22] meskipun fakta bahwa produksi puncak dari daerah ini sebagian besar terjadi dalam waktu yang relatif singkat pada akhir abad ke-20 ke-19 dan awal. [23]

Pada bulan Desember 2008, 12.11 kg (60.500 karat) "batu yang terutama terdiri dari korundum, dan mineral tambahan mungkin" [24] ditemukan di Wilayah Dodoma Tanzania
Share this article :

Post a Comment

 
Support : jatikramat2 | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Global Bekasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by jatikramat2.Com
Proudly powered by Blogger